Jumat, 24 Desember 2010

Abstraksi Kelegislatifan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unsoed

Mahasiswa dan Preferensi Sistem
Mahasiswa adalah struktur unik dalam tatanan masyarakat, baik dilihat dari sudut politik, ekonomi, maupun sosial. Hal ini dikarenakan masa-masa ketika menjadi mahasiswa adalah masa transisi sebelum mereka melanjutkan dirinya sebagai seorang profesional, pejuang, politisi, atau pengusaha sekalipun. Selain itu, keunikannya juga tampak dari kebebasan yang mereka miliki, baik kebebasan berekspresi, berpikir, berpendapat, atau melakukan apa pun. Komunitas gerakan mahasiswa merupakan satu-satunya komunitas yang paling dinamis dalam menangkap dan mengakomodasi sebuah perubahan paling harmonis dalam menyuarakan pendapat. Sebab, mahasiswa adalah asosiasi dari kejujuran, integritas dan semangat moral.
            Sistem apa yang dikembangkan oleh lembaga mahasiswa biasanya menginduk dari sistem negara di mana mahasiswa tersebut eksisten. Sebuah kewajaran, mengingat sistem dalam konteks ini sistem lembaga, pemerintahan, atau kepemimpinan merupakan refleksi dari kondisi sosial-politik makro yang berkembang di masyarakat. Suatu preferensi sistem tidak menjadi masalah sejauh sistem itu dianggap mampu mengakomodasi atau mewadahi kebutuhan-kebutuhan lembaga mahasiswa.Lebih jauh, lembaga mahasiswa secara khusus akan mengacu pada praktik pemerintahan mahasiswa atau lebih populer dengan istilah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM), serta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sebagai departemen-departemen pemberdayaan yang secara langsung bersentuhan dengan basis. Adapun Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) merupakan afiliasi berdasar lingkup kajian suatu jurusan tertentu. Meskipun tidak menutup kemungkinan untuk menyemai semangat perjuangan dan pemberdayaan melalui lembaga ini. Kecenderungan yang terlihat akhir-akhir ini, pemerintahan mahasiswa lebih memilih bentuknya dalam kerangka lembaga eksekutif dan legislatif. Pilihan ini didasari dari pertimbangan tentang berjalannya mekanisme kontrol kepada lembaga eksekutif.
Dewan Legislatif  Mahasiswa (DLM) merupakan lembaga perwakilan mahasiswa yang anggotanya berasal dari berbagai lapisan mahasiswa. Dengan demikian DLM diharapkan mampu mewujudkan aspirasi segenap lapisan mahasiswa sehingga anggota DLM harus memperhatikan kepentingan mahasiswa secara keseluruhan.Selain itu DLM  juga memiliki fungsi yang secara umum dapat diklasifikasikan ke dalam tiga bentuk, yaitu representasi, pembuatan keputusan dan pembentukan legitimasi. Pembuatan Undang-undang adalah merupakan fungsi utama badan legislatif  yaitu mengatur dan mengurus serta memberi persetujuan dalam dan menetapkan Peraturan-peraturan.






KEADAAN DEWAN LEGISLATIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNSOED
Dewan legislatif mahasiswa di fakultas ekonomi seperti baru terlahir, karena selama ini kita semua sudah tahu perkembangan fungsi kelegislatifan di kampus kita ini tertidur malah secara ekstream mahasiswa Fakultas Ekonomi sendiri tidak mengatahui akan adanya lembaga kampus yang mengurusin fungsi kelegislatifan yang dimana DLM, mengapa?kenapa?hal tersebut bisa terjadi semua ini adalah tanggungjawab kita semua sebuah PR yang harus kita pecahkan demi terciptanya tatanan pemerintahan kampus yang harmonis dan selaras (good government ). DLM sendiri sebelumnya pernah berubah-ubah nama, berubahnya nama tidak merubah peningkatan fungsi kelegislatifanya padahal sebelum-sebelumnya fungsi kelegislatifan di kampus kita pernah mengalami kejayaan dan terciptanya keharmonisan dilingkungan KMFE, oleh karena itu apakah kita semua bisa mengembalikan kejayaan dilingkungan KMFE seperti dulu? Marilah kita bangun kembali Fakultas Ekonomi bersama dengan perubahan……..

0 komentar:

Posting Komentar

 
;